Rabu, 02 Februari 2011

Busana Liturgi

Jubah/alba : Busana putih panjang yang harus dipakai imam dalam perayaan Ekaristi. Warna putih jubah/alba melambangkan kesucian dan kemurnian. Apabila tidak menggunakan jubah, imam akan mengenakan alba.
Amik : Kain penutup leher berbentuk persegi empat yang dipasang pada bahu imam. Amik melambangkan perisai dan keselamatan.
Singel : Tali ikat pinggang yang panjang dan berfungsi untuk mengikat stola dan alba agar tidak kendor/kepanjangan. Singel melambangkan penguasaan diri.
Stola : Selendang kecil yang dikalungkan pada leher imam dan ujungnya turun di atas dada. Stola melambangkan kuasa imamat dan tanggung jawab. Stola juga dikenakan Uskup dan diakon, Uskup mengenakannya menjulur ke bawah di depan dada, imam mengenakannya dari bahu menyilang di depan dada, dan diakon mengenakannya dari bahu kiri menyilang ke lengan kanan.
Kasula : Busana liturgi resmi imam pada saat memimpin Misa yang berbentuk mantol lebar. Kasula melambangkan keutamaan Ilahi.
Dalmatik : busana liturgi resmi diakon dalam upacara ibadat.
(Sebagai catatan warna stola dan kasula/dalmatik  mengikuti warna liturgi).
Superpli : busana putih seperti alba, namun lebih pendek. Biasanya dikenakan oleh imam dan diakon di luar perayaan Ekaristi. Busana atas misdinar terkadang juga berupa superpli.
Velum : Kain persegi lebar panjang (2-3 meter) yang dikenakan imam atau diakon untuk menyelubungi pegangan mostrans/sibori pada saat Salve dan perarakan Sakramen Mahakudus (Kamis Putih).
Busana misdinar : Biasanya terdiri dari jubah berwarna, singel dan krah lebar. Atau gaun panjang, superpli dan krah lebar.

2 komentar:

  1. Aturan Main Berbusana Putih

    Penampilan dengan busana dan aksesori serba putih tak membosankan jika tepat memilih padu padan. Jaket, celana ketat, rok hingga boots bisa berkolaborasi dengan sempurna dan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

    Tetap kontras

    Padu padankan jaket berwarna putih terang dengan scarf rajut dan rok bergaris putih bergaya navy. Pilih celana ketat berwarna gelap agar penampilan terlihat kontras. Agar penampilan lebih gaya, pilih sepatu boots sepanjang mata kaki.

    Tidak monoton
    Menyukai warna putih tak lantas membuat Anda mengenakan busana dan aksesori putih dari kepala hingga kaki. Jika mengenakan sweater rajut warna putih terang, padukan dengan jaket bulu putih susu dan celana jeans ketat warna kelabu tua. Gaya ini bikin penampilan Anda tak monoton, namun masih menonjolkan nuansa putih.

    Kesan kasual
    Saat cuaca dingin, pilih sweater berukuran besar yang seperti terusan. Pasangkan dengan celana ketat rajut berbahan tebal. Berikan sentuhan akhir dengan sepatu boots dari kulit. Kesan kasual melekat pada Anda dengan padu padan putih ini.

    sumber http://endangkonveksi.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. tidak membahas warna liturgi?

    BalasHapus